Saturday, November 19, 2016

Tips Memilih Kamera Untuk Pemula by Rizky Yudhis Photoworks

Nah, Tips Memilih kamera untuk pemula. Sebelum memilih Nikon atau Canon pertimbangkan beberapa hal ini saat membeli kamera.

1. Kebutuhan dan Budget
Membeli sesuai kebutuhan dan budget. Anda ingin menghasilkan karya yang seperti apa? Itu dulu yang wajib dipertanyakan.Kalau budget anda berlebih dan anda berfikir "yang penting canggih dulu, jadi entar kalau sudah bisa. Di tangan sudah ada kamera canggih" segera pilih kamera yang jangan tanggung2, ambil fullframe dan pelajari kamera itu sebaik mungkin. Kalau budget anda pas2an dan anda berfikir "belajar moto dulu, entar kalau bisa baru upgrade" ambillah kamera yang sesuai kebutuhan anda di level entrylevel dengan range harga 2-5 juta rupiah.

Sekedar berbagi kenyataan pahit, Nikon mempunyai harga yang cukup mahal untuk harga lensa dibandingkan Canon.

2. Selera
Banyak sekali fotografer yang ujung - ujungnya berubah agama atau pindah merk setelah menggunakan kameranya. Jadi sebaiknya anda coba-coba dulu kamera teman atau keluarga dan sesuaikan dengan selera Anda agar tidak menyesal kemudian.

3. Siapa saja Teman Anda
Kenapa harus mempertimbangkan siapa saja teman Anda saat memilih kamera? Karena nantinya saat anda mulai menikmati berkarya dan mulai bergabung dengan komunitas atau grup fotografi. Misal saja foto Modelan atau Makro, anda pengguna Nikon dan ternyata kebanyakan teman - teman anda menggunakan Canon. Mereka bisa saling bertukar lensa dan mencoba bagaimana hasil lensa yang mereka miliki, sedangkan anda stuck dengan Kamera dan Lensa anda sendirian.

Kecuali anda memang sudah terlanjur jatuh cinta dengan kamera Anda, syukuri yang anda miliki dan koleksi lensa pelan - pelan.


NIKON atau CANON?

Ini adalah pertanyaan lama yang selalu dipertanyakan di grup atau komunitas fotografi manapun. Begitupun para pemula dalam fotografi biasanya mempertanyakan ini. Saya pun pemula dalam fotografi, saya baru serius belajar dalam fotografi sejak September 2015 lalu. Jadi tulisan ini dari pemula untuk pemula. Dan diending dari tulisan ini anda akan mendapatkan tips memilih kamera untuk pemula. Jadi baca sampai habis artikelnya.

Langsung saja, mengapa saya memilih kamera NIKON?

Alasan pertama, kamera DSLR yang pertama kali saya pelajari adalah Nikon. Sebelumnya saya sudah suka fotografi, saya suka moto dengan kamera analog maupun handphone. Namun, karena dikenalkan kamera DSLR yang mempunyai sensor yang lebih besar dan dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dibanding handphone. Saya menjadi sangat tertarik dengan kamera DSLR.

Kamera pertama kali yang saya pelajari adalah Nikon D40x. Kamera jadul ini sangat mudah dioperasikan menurut saya dan memberikan hasil yang memuaskan baik itu dari layar LCDnya ataupun saat dipindahkan ke komputer. Kamera berikutnya yang saya punya adalah Nikon D3100. Hasil dari kamera ini dengan lensa kitnya sangat tajam membuat saya menikmati setiap detail yang didapat.

Alasan kedua, Canon mempunyai warna yang berbeda dengan Nikon.
Karena sudah terbiasa menggunakan Nikon, saat menggunakan Canon dan melihat hasil filenya. Terasa banget perbedaan warnanya. Dimana kesukaan akan warna ini akan mempunyai batasan yang sangat relatif. Yaitu : Selera.

Sebenarnya alasannya cuma dua hal itu saja sih. Tapi perbandingan yang saya buat di atas, adalah pembandingan yang dilakukan pada kelas entry level kamera Nikon dan Canon. Saya jujur saja sangat mengagumi file dari kamera Full Frame Canon yang sekelas 5D Mark ii dan 5D Mark iii.

Hasil jepretan saya :

Hasil Foto Nikon D3100




Bermanfaat? Silahkan dishare.
Kurang bermanfaat? Beri saya masukkan.

Terima Kasih sudah membaca Artikel ini
Rizky Yudhis

instagram : @ryudhis





No comments: